Select Your Style

Choose your layout

Color scheme

Call-us on : +62811 3132 81

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Yang Ideal

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Yang Ideal WebProMaker

  1. Cari info sebanyak mungkin mengenai perusahaan website yang akan Anda pakai jasanya. Tentukan dengan benar apakah itu perusahaan atau personal, bukan tidak bagus pembuatan website oleh personal. Tetap bagus, hanya yang menjadi pertanyaan, berapa lama garansi yang diberikan. Ada beberapa kasus (yang saya tahu) ada beberapa orang yang mengeluhkan ketika websitenya di buat oleh personal, apa saja yang menjadi permasalahannya, menurut beberapa orang sebagai berikut :
    a. Website yang dibuat memang lebih murah, tetapi klien sering tidak tahu di mana server hostingnya berada, mungkin untuk domain bisa dibuat di tempat yang khusus tetapi tetap saja itu memiliki resiko yang bisa merusak website yang dibuat.
    Website yang dibuat oleh siapapun tidak bisa 100% baik-baik saja, selalu ada resiko-resiko yang harus dihadapi seperti error, gangguan server, ada kesalahan-kesalahan dalam pengelolaan oleh sendiri dan lain sebagainya. Akan terjadi masalah-masalah yang tidak terduga, masalah tersebut kadang sulit untuk diselesaikan.
    b. Belum tentu designer (personal/ frelance) akan stay terus menjadi designer selama website Anda hidup (jangka waktu domain adalah 1 tahun). Bisa jadi sang designer dalam kurun waktu 3-6 bulan ketika website Anda dibuat dia sudah berpindah professi atau bekerja pada sebuah perusahaan dimana posisi dia bekerja tidak mendukung untuk bisa mengerjakan website. Hal tersebut bisa saja terjadi, jika penghasilan yang lebih besar menawarkan pilihan lain, maka jika manusia pada umumnya akan memilih pada kesejahteraan yang lebih pasti di banding yang tidak pasti. Pilihan apa yang akan di pilih ketika kita dihadapakan pada pilihan kepentingan orang lain dan kepentingan diri sendiri. Mungkin ada beberapa orang yang memilih untuk mementingkan kepentingan orang lain dibandingkan kepentingan sendiri tetapi apakah hal tersebut berlaku untuk semua orang?
    c. Kurangnya komunikasi Anda dengan pembuat website/ designer yang bertittle personal/ frelance. Hal ini bisa disebabkan kurangnya management yang memungkinkan designer memberikan pelayanan selama 24 jam, bahkan selama 7 hari. Anda sebagai kliennya akan dihadapkan pada posisi dimana website Anda akan dikerjakan ketika waktu desinger luang, jika bentrok dengan hal lain maka tidak ada yang bisa Anda lakukan selain menunggu sang designer benar-benar memiliki waktu luang untuk Anda.
    2. Pastikan bahwa jasa yang akan Anda percaya adalah perusahaan. Bagaimana caranya, Anda bisa mendatangi kantor tempat perusahaan tersebut berada, biasanya jika perusahaan maka akan memiliki kantor/ tempat dimana pekerjaannya dilakukan, jika itu sudah Anda pastikan maka penting untuk dipertimbangkan untuk Anda lebih percaya. Jika masih belum cukup maka tes kontak yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, bagaimana tanggapannya, apakah cepat atau lambat, jika memang cepat maka ada yang menunggu (Bag. Administrasi/ CS) yang setia menunggu telepon dari para kliennya, atau Anda bisa menghubungi perusahaan tersebut melalui berbagai cara (YM, FB, Twitter, E-mail, website) untuk memastikan bahwa itu adalah perusahaan.
    3. Mintalah bukti resmi (seperti invoice, surat perjanjian kerjasama, tutorial, dll) untuk memudahkan Anda mengurus hal-hal yang tidak berkenan dari jasa yang digunakan kepada jalur hukum yang berlaku. Maka jika ada pun penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak perusahaan maka Anda bisa mengadukannya ke pihak yang berwenang agar di proses secara hukum.
    4. Berkonsultasi kepada pihak perusahaan penyedia jasa sebelum membuat website dilakukan, mintalah keterangan sebanyak mungkin dari perusahaan tersebut agar informasi yang Anda terima tidak setengah-setengah dan nantinya jika informasi lengkap maka kepercayaan Anda akan lebih besar. Setiap perusahaan pasti akan mementingkan kepentingan kliennya, karena tujuan adanya perusahaan tersebut, bentuk apapun jasanya pasti tujuan/ sasarannya adalah klien/ pelanggan. Maka jangan ragu untuk bertanya dan berkomunikasi dengan pihak perusahaan penyedia jasa.
    5. tentukan tujuan Anda membuat website. Dari tujuan tersebut Anda akan lebih teliti untuk jasa yang akan digunakan, jika Anda membuat website hanya untuk main-main saja (asal ada) saya sarankan lebih baik Anda tunda untuk membuat website tersebut sebelum Anda merasa yankin akan kegunaan website yang Anda buat.
    6. Buatlah website diperusahaan yang memiliki banyak klien, karena dengan banyaknya klien maka perusahaan tersebut sudah banyak yang percaya terhadap jasa yang diberikannya. Jika Anda tidak percaya dengan hanya melihat klien-klien yang terpangpang di website perusahaan tersebut, maka lakukan cek kepada kliennya langsung, hubungi klien tersebut untuk mendapatkan keterangan lebih lengkap.

Mungkin itu yang bisa saya samapikan, semoga bermanfaat dan menjadikan Anda lebih sukses dari sebelumnya.